Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

By Surabaya Prop on April 20, 2024
Last Updated: June 19, 2024

Atap Alderon semakin populer di kalangan masyarakat untuk diaplikasikan sebagai kanopi di area terbuka rumah mereka. Pengaplikasiannya bisa meliputi carport, halaman belakang, hingga rooftop.

Namun, sebenarnya apa yang membuatnya begitu populer dan menjadi salah satu pilihan utama dalam setiap proyek? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Atap Alderon?

Alderon adalah sebuah merek atap yang terbuat dari bahan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) berkualitas tinggi. Material ini terkenal karena kekuatan dan daya tahannya terhadap cuaca ekstrem. Selain itu, kemampuannya juga sangat baik dalam melindungi bangunan dari paparan air hujan hingga angin kencang.

alderon untuk kanopi

Atap Alderon biasanya digunakan pada berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah tinggal hingga bangunan komersial. Saat ini, material bergelombang ini menjadi favorit berbagai kalangan untuk diaplikasikan sebagai kanopi yang mampu melindungi dari teriknya panas matahari ataupun hujan deras.

Kelebihan & Kekurangan

Setiap produk tentu mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan material ini. Ada begitu banyak kelebihan atap alderon jika dibandingkan dengan merk-merk atap uPVC lainnya. Meski begitu, tetap ada sisi kurangnya yang perlu diketahui sebelum membelinya. Berikut adalah penjelasan lebih detailnya.

Kelebihan Atap Alderon

Dengan segudang keunggulannya, Alderon telah menjadi salah satu pilihan utama dalam dunia ‘per-atapan’. Berikut adalah beberapa poin terkait sisi plusnya.

1. Kuat & Tahan Lama

Terbuat dari bahan UPVC yang kuat, sehingga mampu menahan benturan, angin kencang, dan sinar UV matahari. Keandalannya ini menjadikannya pilihan yang tahan lama tanpa cepat rusak.

2. Ringan & Instalasi Mudah

Dibandingkan dengan atap genteng beton atau logam, Alderon jauh lebih ringan. Hal ini tidak hanya memudahkan proses pemasangannya, tetapi juga menghemat biaya jasa tukang.

3. Meredam Panas

Produk ini dapat membantu menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk karena struktur berongganya, ditambah lagi material uPVC-nya yang rendah konduksi panas. Efek ini dapat menghemat penggunaan energi pendingin ruangan (AC), sehingga tidak membuat tagihan listrik menjadi bengkak.

4. Kedap Suara

Kemampuannya dalam meredam suara bising dari luar, seperti suara hujan atau kendaraan di jalan, membuat suasana di dalam rumah jadi lebih tenang.

5. Tidak Mudah Terbakar

Materialnya memiliki sifat tahan api yang baik dan tidak merambatkan api, memberikan perlindungan ekstra dalam situasi kebakaran.

Baca juga: Pentingnya APAR Untuk Proteksi Rumah dari Kebakaran

6. Tahan Karat & Korosi

Tahan terhadap korosi serta kerusakan akibat paparan air sehingga membuatnya cocok digunakan di daerah pesisir pantai atau di area dengan polusi udara tinggi. Selain itu, atap ini tidak mudah berkarat dan tahan terhadap bahan kimia.

7. Fleksibel

Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, memungkinkan aplikasi yang fleksibel di berbagai jenis bangunan.

8. Ramah Lingkungan

Bahannya bisa didaur ulang dan bebas dari senyawa kimia berbahaya sehingga menjadikannya sebagai salah satu pilihan produk yang ramah lingkungan.

9. Perawatan Mudah

Cenderung memerlukan sedikit perawatan. Pembersihan berkala dengan air, biasanya cukup untuk menjaga penampilannya.

Kekurangan Atap Alderon

Berikut adalah beberapa kekurangan atap Alderon yang mungkin tidak begitu signifikan, namun tetap bisa menjadi sebuah bahan pertimbangan.

1. Harga Cukup Tinggi

Harganya cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis dan merk lainnya. Meskipun hal ini bisa dipahami karena kualitas bahannya terbilang premium, namun bagi beberapa orang, tingginya harga dapat menjadi faktor pembatas untuk memilihnya.

2. Warna Kurang Bervariasi

Berbeda dengan beberapa jenis lainnya seperti genteng metal pasir yang menawarkan beragam pilihan warna, atap Alderon memiliki keterbatasan dalam hal varian warna.

Atap ini hanya tersedia dua pilihan warna saja, yaitu putih dan biru muda. Hal ini membuat konsumen mungkin akan merasa terbatas dalam menyesuaikan atap dengan tampilan estetika bangunan rumah mereka.

Meskipun atap ini cocok untuk hunian modern bergaya minimalis dengan warna cat tembok putih atau netral, namun bagi mereka yang menginginkan variasi warna lebih banyak, hal ini bisa menjadi kekurangan tersendiri.

Beberapa Jenis Atap Alderon

Setidaknya ada tiga jenis yang umum dijumpai di pasaran dengan karakteristiknya masing-masing. Berikut penjelasan detail untuk setiap produknya.

1. Alderon RS Single Wall Corrugated

Merupakan varian dengan satu lapisan (single layer) yang menawarkan ekonomisitas dalam penggunaannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Alderon RS:

atap alderon RS single layer

Kelebihan

  • Harga lebih terjangkau.
  • Bobot lebih ringan, memungkinkan pemasangan lebih mudah, cepat, dan efisien.

Kekurangan

  • Kurang baik dalam meredam panas maupun suara.
  • Kekuatan sedikit lebih rendah dibandingkan dengan tipe Alderon lainnya.

2. Alderon Twinwall – Double layer

Dikenal sebagai "atap kembar", varian ini memiliki dua lapisan uPVC yang dihubungkan dengan rongga udara di antara keduanya. 

Alderon Twinwall Double Layer

Kelebihan

  • Sangat baik dalam meredam panas maupun suara.
  • Kekuatan dan ketahanan tinggi.

Kekurangan

  • Harga sedikit lebih mahal.
  • Bobot lebih berat.

3. Alderon Lite

Varian ini adalah inovasi terbaru yang diproduksi mirip dengan tipe Twinwall namun dengan ketebalan lebih tipis (6mm) dibandingkan dengan Alderon Twinwall Corrugated. Jenis ini diproduksi khusus untuk area luar pulau Jawa.

Kelebihan

  • Harga terjangkau.
  • Bobot ringan.
  • Mudah dipasang.

Kekurangan

  • Kekuatan lebih rendah dibandingkan jenis Twinwall.
  • Kurang optimal dalam meredam panas maupun suara.

Dengan memahami karakteristik masing-masing, konsumen bisa membuat pilihan sesuai dengan kebutuhan proyek serta budget yang tersedia.

Penutup

Atap Alderon merupakan solusi tangguh dan serbaguna untuk berbagai jenis proyek. Dengan keunggulannya dalam menghadapi cuaca ekstrem serta tersedianya beragam pilihan jenis dan varian, Alderon telah menjadi pilihan populer di pasar konstruksi.

Meskipun setiap jenis yang tersedia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun secara keseluruhan, kualitas maupun fleksibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga: Menggunakan PVC Untuk Plafon Kamar Mandi

Pada akhirnya, ketika Anda sedang mencari rekomendasi atap untuk rumah Anda, atap Alderon adalah salah satu pilihan terbaik yang layak untuk dipertimbangkan.

*Sebagian sumber, baik info produk maupun gambar yang ada pada artikel ini berasal dari alderon.co.id

Please Wait...