Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

By Surabaya Prop on April 20, 2024
Last Updated: April 22, 2024

Atap Alderon semakin populer di kalangan masyarakat untuk diaplikasikan sebagai kanopi di area terbuka rumah mereka, seperti carport, halaman belakang, hingga rooftop.

Namun, sebenarnya apa yang membuatnya begitu populer dan menjadi salah satu pilihan utama dalam setiap proyek? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Atap Alderon?

Alderon adalah sebuah merek atap yang terbuat dari bahan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) berkualitas tinggi. Atap Alderon terkenal karena kekuatan dan daya tahannya terhadap cuaca ekstrem serta kemampuannya untuk melindungi bangunan dari air hujan, angin kencang, dan serangan cuaca lainnya.

alderon untuk kanopi

Atap Alderon biasanya digunakan untuk berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah tinggal hingga bangunan komersial. Kini, atap bergelombang ini tergolong populer dan menjadi favorit berbagai kalangan untuk diaplikasikan sebagai kanopi yang mampu melindungi dari teriknya panas matahari dan hujan deras.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Setiap produk tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya, begitu pula dengan atap yang populer ini. Ada begitu banyak keunggulan dan sisi positif atap alderon jika dibandingkan dengan merk-merk atap uPVC lainnya. Meski begitu, tetap ada sisi kurangnya yang perlu diketahui sebelum membelinya. Berikut adalah penjelasan lebih detailnya.

Kelebihan Atap Alderon

Dengan segudang keunggulan yang dimilikinya, Alderon telah membuktikan dirinya sebagai pilihan utama dalam dunia konstruksi bangunan. Berikut adalah beberapa poin terkait sisi plusnya.

1. Kuat dan Daya Tahan Lama

Terbuat dari bahan UPVC yang kuat, Atap Alderon mampu menahan benturan, angin kencang, dan sinar UV matahari. Keandalannya ini menjadikannya pilihan yang tahan lama tanpa mudah rusak.

2. Ringan dan Instalasi Mudah

Dibandingkan dengan atap genteng beton atau logam, Alderon jauh lebih ringan. Hal ini tidak hanya memudahkan proses pemasangannya, tetapi juga menghemat biaya tukang.

3. Meredam Panas

Struktur berongga dan bahan UPVC yang rendah konduksi panas pada atap Alderon membantu menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk dan nyaman. Efek ini dapat menghemat penggunaan energi pendingin ruangan (AC), menghasilkan tagihan listrik yang lebih hemat.

4. Kedap Suara

Kemampuannya dalam meredam suara bising dari luar, seperti suara hujan atau kendaraan di jalan, membuat suasana di dalam rumah lebih tenang dan nyaman.

5. Tidak Mudah Terbakar

Materialnya memiliki sifat tahan api yang baik dan tidak merambatkan api, memberikan perlindungan ekstra dalam situasi kebakaran.

Baca juga: Pentingnya APAR Untuk Proteksi Rumah dari Kebakaran

6. Tahan Karat dan Korosi

Tahan terhadap korosi dan kerusakan akibat paparan air sehingga membuatnya cocok digunakan di daerah pesisir pantai atau di area dengan polusi udara tinggi. Selain itu, atap ini tidak mudah berkarat dan tahan terhadap bahan kimia.

7. Fleksibel

Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, memungkinkan aplikasi yang fleksibel di berbagai jenis bangunan.

8. Ramah Lingkungan

Terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang dan bebas dari bahan berbahaya, sehingga menjadikannya sebagai salah satu pilihan yang ramah lingkungan.

9. Perawatan yang Mudah

Cenderung memerlukan sedikit perawatan. Pembersihan berkala dengan air, biasanya cukup untuk menjaga penampilannya.

Kekurangan Atap Alderon

Meskipun dikenal dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya, tidak dapat dipungkiri ada juga sisi kurangnya. Berikut adalah beberapa kekurangan atap Alderon yang mungkin tidak begitu signifikan namun tetap bisa menjadi sebuah bahan pertimbangan.

1. Harga Cukup Tinggi

Harga atap Alderon cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis dan merk atap rumah lainnya. Meskipun hal ini bisa dipahami karena kualitas bahan yang premium, namun bagi beberapa orang, harga yang tinggi dapat menjadi faktor pembatas dalam memilih jenis atap.

2. Warna Kurang Bervariasi

Berbeda dengan beberapa jenis atap lain seperti genteng metal pasir yang menawarkan beragam pilihan warna, Atap Alderon memiliki pilihan warna yang terbatas.

Dengan hanya dua pilihan warna yang tersedia, yaitu putih dan biru muda, konsumen mungkin akan merasa terbatas dalam menyesuaikan atap dengan tampilan estetika bangunan rumah mereka.

Meskipun atap ini cocok untuk hunian modern bergaya minimalis dengan warna cat tembok putih atau netral, namun bagi mereka yang menginginkan variasi warna yang lebih banyak, hal ini bisa menjadi kekurangan.

Beberapa Jenis Atap Alderon

Ada beberapa jenis atap Alderon yang umum dijumpai di pasaran. Setiap jenis memiliki karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasan detailnya.

1. Alderon RS – Single layer

Alderon RS Single Wall Corrugated adalah pilihan atap uPVC dengan satu lapisan, yang menawarkan ekonomisitas dalam penggunaannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Alderon RS:

atap alderon RS single layer

Kelebihan

  • Harga lebih terjangkau.
  • Bobot lebih ringan, memungkinkan pemasangan yang lebih mudah.
  • Pemasangan yang cepat dan efisien.

Kekurangan

  • Peredam panas dan suara kurang begitu baik.
  • Kekuatan sedikit lebih rendah dibandingkan dengan tipe Alderon lainnya.

2. Alderon Twinwall – Double layer

Dikenal sebagai "atap kembar", Alderon Twin Wall Corrugated memiliki dua lapisan uPVC yang dihubungkan dengan rongga udara di antara keduanya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan atap Alderon Twin Wall:

Alderon Twinwall Double Layer

Kelebihan

  • Peredam panas dan suara sangat baik.
  • Kekuatan dan ketahanan tinggi.

Kekurangan

  • Harga sedikit lebih mahal.
  • Bobot lebih berat.

3. Alderon Lite

Alderon Lite adalah inovasi terbaru yang diproduksi mirip dengan tipe Twinwall namun dengan ketebalan yang lebih tipis (6mm) dibandingkan dengan Alderon Twinwall Corrugated. Jenis ini diproduksi khusus untuk area luar pulau Jawa. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan atap Alderon Lite:

Kelebihan

  • Harga terjangkau.
  • Bobot ringan.
  • Mudah dipasang.

Kekurangan

  • Kekuatan lebih rendah dibandingkan jenis Twinwall.
  • Kurang optimal dalam meredam panas dan suara.

Dengan memahami karakteristik masing-masing, konsumen bisa membuat pilihan sesuai dengan kebutuhan proyek dan budget yang tersedia.

Penutup

Atap Alderon merupakan solusi atap yang tangguh dan serbaguna bagi berbagai jenis bangunan. Dengan keunggulannya dalam menghadapi cuaca ekstrem, kemampuan estetisnya yang menarik, serta beragam pilihan jenis dan varian, produk dari Alderon telah membuktikan dirinya sebagai pilihan yang populer di pasar konstruksi.

Meskipun setiap jenis atap Alderon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun secara keseluruhan, kualitas dan fleksibilitasnya tidak perlu diragukan lagi sehingga bisa diandalkan untuk melindungi dan mempercantik bangunan.

Baca juga: Menggunakan PVC Untuk Plafon Kamar Mandi

Pada akhirnya, ketika Anda sedang mencari rekomendasi atap untuk proyek di rumah Anda, atap Alderon adalah salah satu pilihan terbaik yang layak untuk dipertimbangkan.

*Sebagian sumber, baik info produk maupun gambar yang ada pada artikel ini berasal dari alderon.co.id

Please Wait...