Menggunakan PVC Untuk Plafon Kamar Mandi? No Problem!

By Surabaya Prop on February 22, 2024
Last Updated: February 26, 2024

PVC adalah singkatan dari Polyvinyl Chloride, yang merupakan salah satu jenis plastik yang paling banyak digunakan di dunia. PVC memiliki struktur kimia yang terdiri dari rantai panjang atom karbon yang terikat pada klorin dan hidrogen. 

Penggunaan Umum PVC

Plastik PVC sering kali dikenal karena keberagaman aplikasinya, dan sering digunakan dalam berbagai industri dan aplikasi sehari-hari. Beberapa penggunaannya meliputi:

  1. Pipa dan Sistem Saluran: digunakan secara luas dalam pembuatan pipa air minum, pipa saluran pembuangan, dan sistem saluran lainnya karena ketahanannya terhadap korosi, kekuatan, dan biaya yang relatif rendah.
  2. Konstruksi: digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi, termasuk sebagai bahan untuk jendela, pintu, panel dinding, dan plafon.
  3. Peralatan Elektronik: digunakan dalam pembuatan berbagai perangkat elektronik seperti kabel, soket listrik, dan pelapis lantai untuk peralatan elektronik.
  4. Industri Otomotif: digunakan dalam pembuatan bagian interior dan eksterior mobil, seperti jok, dashboard, trim, dan pelapis lantai.
  5. Kemasan: digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kemasan plastik, termasuk botol, kemasan makanan, dan kemasan farmasi.
  6. Produk Kesehatan: digunakan dalam berbagai produk medis seperti selang infus, selang darah, dan perangkat medis lainnya karena kemampuannya yang tahan terhadap sterilisasi dan kebersihan.
  7. Industri Perhiasan dan Fashion: digunakan dalam pembuatan aksesori mode seperti tas, sepatu, dan bahan pakaian.

Baca juga: Lantai Granit Alam Vs. Homogeneous Tile - Pilih Mana?

Penggunaan PVC Untuk Plafon Kamar Mandi

PVC telah menjadi pilihan populer untuk plafon kamar mandi karena sejumlah kelebihannya. Material ini juga sering digunakan sebagian besar orang yang ingin menciptakan lingkungan mandi yang fungsional dan estetis.

Namun, di balik popularitasnya, penggunaan PVC sebagai bahan plafon kamar mandi juga memunculkan pertimbangan tertentu yang perlu dipahami dengan baik.

Kelebihan PVC Untuk Plafon Kamar Mandi

PVC menawarkan beberapa kelebihan sebagai material plafon kamar mandi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ketahanan terhadap Air

Material ini tahan terhadap air, sehingga tidak akan rusak atau lapuk ketika terpapar kelembaban tinggi di kamar mandi.

2. Ketahanan terhadap Jamur dan Kebasahan

PVC biasanya tahan terhadap pertumbuhan jamur dan tidak menyerap kelembaban, sehingga mengurangi risiko tumbuhnya jamur atau kerusakan akibat kelembaban.

3. Kemudahan Pemasangan

Material ini mumnya lebih ringan dan lebih mudah dipasang daripada material lain seperti kayu atau metal. Ini membuat proses instalasi lebih cepat dan lebih mudah.

4. Tidak Memerlukan Pengecatan

PVC sering tersedia dalam berbagai warna dan desain, dan tidak memerlukan pengecatan tambahan. Ini menghemat waktu dan biaya dalam jangka panjang.

5. Harga yang Terjangkau

Harganya cenderung lebih terjangkau daripada beberapa alternatif lainnya seperti gypsum atau kayu.

6. Tidak Memerlukan Perawatan yang Intensif

PVC biasanya cukup mudah untuk dipelihara dan tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti yang mungkin dibutuhkan oleh material lainnya.

Kekurangan PVC Untuk Plafon Kamar Mandi

Meskipun PVC memiliki beberapa keunggulan sebagai bahan plafon kamar mandi, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

1. Rentan terhadap Perubahan Suhu

PVC dapat menjadi rapuh pada suhu ekstrim, terutama pada suhu rendah. Ini bisa menyebabkan retak atau pecah pada plafon PVC jika terpapar suhu yang sangat rendah. Jika Anda tinggal di Indonesia yang beriklim tropis dan cenderung memiliki suhu hangat. resiko ini tampaknya tidak terlalu berpengaruh.

2. Pelelehan pada Suhu Tinggi

Material ini memiliki titik leleh yang relatif rendah, sehingga dapat meleleh atau deformasi jika terkena panas berlebih. Misalnya, jika terlalu dekat dengan lampu pijar atau sumber panas lainnya, PVC dapat meleleh. Oleh sebab itu Anda disarankan untuk memasang lampu LED daripada lampu pijar untuk mengurangi resiko kerusakan PVC.

3. Kekakuan dan Ketebalan Terbatas

PVC biasanya lebih tipis dan kurang kokoh dibandingkan dengan beberapa alternatif seperti kayu atau logam. Ini mungkin menjadi masalah jika Anda membutuhkan plafon dengan struktur yang lebih kuat atau lebih tebal.

4. Kemungkinan Perubahan Warna

Material ini dapat mengalami perubahan warna dari paparan sinar UV atau bahan kimia tertentu, meskipun sebagian besar PVC dilapisi dengan bahan perlindungan untuk mengurangi risiko ini.

Penutup

Keputusan menggunakan PVC sebagai material plafon kamar mandi akan tergantung pada preferensi pribadi, anggaran, serta faktor-faktor spesifik terkait desain dan kebutuhan kamar mandi Anda. PVC memiliki kelebihan seperti ketahanan terhadap air, kemudahan pemasangan, dan harga yang terjangkau. Meski begitu, material ini juga memiliki sedikit kekurangan yang harus Anda pahami.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Pengusir Nyamuk

Jika ketahanan terhadap air dan kemudahan pemasangan menjadi prioritas utama Anda, PVC mungkin merupakan pilihan yang layak. Namun, pastikan untuk memilih produk PVC berkualitas tinggi dan memastikan pemasangan dilakukan dengan benar untuk meminimalkan risiko kekurangan yang terkait dengan penggunaannya.

Please Wait...