9 Rekomendasi Merk Cat Tembok Yang Bagus dan Berkualitas

By Wibowo on April 18, 2024
Last Updated: May 17, 2024

Memilih merk cat tembok yang bagus untuk rumah merupakan sebuah keharusan. Hal ini karena kualitas cat juga akan menentukan tampilan rumah secara keseluruhan serta perawatannya dalam jangka panjang. Maka dari itu jangan terburu-buru dan asal pilih saja.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda dengan memberikan beberapa rekomendasi daftar merk cat tembok yang bagus dan telah teruji kualitasnya. Harapannya adalah agar Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan produk cat yang cocok untuk diaplikasikan di rumah Anda. 

Beberapa Merk Cat Tembok Yang Bagus

Di pasar Indonesia, saat ini cukup banyak produk cat berkualitas bagus dari berbagai produsen ternama. Kualitas tersebut tidak hanya didasarkan oleh faktor warna dan tampilan estetika saja, melainkan juga keawetan serta faktor ramah lingkungannya. 

Jika Anda sedang mencari rekomendasi merk cat tembok yang bagus serta berkualitas, mungkin beberapa pilihan di bawah ini bisa dipertimbangkan.

1. Dulux

Dulux layak diperhitungkan sebagai pilihan utama sebagai merk cat tembok yang bagus dan berkualitas. Salah satu keunggulan utamanya adalah tersedianya banyak varian warna, memungkinkan implementasi konsep desain interior maupun eksterior secara kreatif dan sesuai preferensi pengguna.

dulux

Kemudahan dalam membersihkan noda juga menjadi nilai tambah, membuat perawatan bangunan menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, daya tahannya juga sangat baik, sehingga akan mengurangi kebutuhan terhadap pengecatan ulang secara berkala. 

Tidak hanya itu, cat Dulux juga memiliki label green produk, menandakan bahwa produk ini ramah lingkungan serta memenuhi standar kesehatan. Dengan sertifikasi dari Singapore Green Label, Dulux menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan. Produk ini juga cocok untuk digunakan di lingkungan kesehatan seperti klinik ataupun rumah sakit karena tahan air dan antibakteri.

Salah satu produk populernya adalah Dulux Catylac. Dengan teknologi unggul Chroma-Brite-nya, cat ini memberikan warna cerah dan menawan, memberikan kesan segar pada setiap ruangan. Selain itu, formulanya bebas dari bahan merkuri, sehingga tidak hanya memberikan hasil menawan, tetapi juga ramah lingkungan.

Baca juga: Tips Mengatasi Bekas Tetesan Cat Pada Tembok

Dulux Catylac sangat mudah diaplikasikan, baik dengan kuas maupun roller, sehingga memberikan hasil yang rapi dan profesional dengan lebih mudah. Selain itu, bau catnya cenderung minim atau hampir tidak tercium, membuat proses pengecatan jadi lebih menyenangkan.

2. Nippon Paint

Nippon Paint tidak hanya menjadi pilihan populer di Indonesia tetapi juga diakui secara global. Produk-produknya diklaim ramah lingkungan. Dengan mengurangi emisi Volatile Organic Compound (VOC) hingga mendekati nol, Nippon Paint memberikan kontribusi positif bagi kualitas udara di dalam rumah Anda. VOC adalah senyawa kimia yang dapat menguap menjadi gas di udara dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, serta dapat memicu masalah pernapasan.

nippon paint

Selain aspek lingkungan, Nippon Paint juga menawarkan kualitas luar biasa dalam hal daya tahan. Formulanya teruji secara ketat sehingga dapat bertahan lama, menjaga keindahan warna dan kekuatan pelapisannya dalam berbagai kondisi. Pada akhirnya, Nippon Paint menjadi salah satu rekomendasi merk cat tembok yang bagus, di mana tidak hanya memberikan tampilan memukau di awal, tetapi juga ketahanan dalam jangka panjang.

3. Avian

Produk dari Avian Brands terbilang populer di Indonesia dalam bidang arsitektur dan interior berkat kualitas serta harganya yang cukup terjangkau. Avian dikenal sebagai brand nasional dengan produk cat untuk tembok, kayu, besi, serta material lainnya.

avian brands

Penggunaan cat Avian tidak hanya melapisi permukaan saja, tetapi juga meningkatkan nilai estetika objek yang dicat. 

Cat Avian hadir dengan beragam jenis produk dan warna, memberikan ruang bagi konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhan proyeknya. Beberapa produk-produk populernya adalah Avitex, No Drop, Supersilk, Sunguard, Jasmine, Fres, Aries, Brilliant, dan beberapa produk lainnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Cat Tembok

Produk-produk Avian didukung oleh formula baru yang memberikan daya tahan lebih lama, tidak mudah pudar, serta menjaga warna tetap indah bahkan setelah berbagai paparan cahaya matahari.

4. Jotun

Jotun menonjol dengan berbagai pilihan cat tembok yang dapat dengan mudah dibersihkan. Dengan Jotun, Anda tidak perlu khawatir akan tumpahan makanan, noda tangan, atau coretan-coretan anak-anak di dinding. Hal ini karena kotoran tersebut dapat dengan mudah dihapus tanpa meninggalkan bekas atau merusak cat. Kemampuan ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam perawatan, tetapi juga menjaga keindahan dinding Anda dalam jangka panjang.

jotun

Jotun juga dikenal karena memiliki formula rendah VOC. Ini berarti bahwa cat ini tidak menghasilkan banyak emisi senyawa organik yang mudah menguap ke udara, sehingga kualitas udara di dalam rumah tetap terjaga dengan baik.

Tidak hanya itu, Jotun juga memiliki sifat anti jamur, menjaga dinding tetap bersih dan bebas dari pertumbuhan jamur. Kemampuan ini membuat Jotun menjadi salah satu pilihan merk cat tembok yang bagus untuk ruangan-ruangan dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi ataupun dapur.

5. Decolith

Decolith dari PT. Warna Agung menawarkan produk cat tembok dengan kualitas terbaik dengan bahan dasar full acrylic. Cat tembok Decolith mampu bertahan dalam berbagai kondisi, termasuk paparan sinar UV, kelembaban, dan keausan sehari-hari.

decolith warna agung

Selain itu, keunggulan lain dari cat Decolith adalah daya sebarnya. Tekstur halusnya memastikan cat dapat merata ke seluruh permukaan dinding, sehingga hasilnya pun sangat baik. Anda tidak perlu khawatir terkait timbulnya garis-garis atau noda yang tidak merata saat menggunakannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Tembok Lembab

Produk cat dari Decolith juga ramah lingkungan karena bebas dari timbal serta merkuri, sehingga tidak membahayakan kesehatan.

6. Aquaproof

Aquaproof adalah pilihan tepat jika Anda membutuhkan perlindungan terhadap kebocoran pada dinding rumah. Cat pelapis anti bocor ini dirancang khusus dengan bahan dasar polimer kedap air. Bahan tersebut akan membantu membentuk lapisan pelindung yang efektif untuk mencegah masuknya air ke dalam dinding 

aquaproof pelapis anti bocor

Tidak hanya itu, Aquaproof juga memiliki sifat elastis untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca, termasuk juga perubahan suhu dan tekanan.

7. Mowilex

Mowilex adalah salah satu merk cat tembok yang bagus dan dikenal karena palet warnanya cukup beragam. Dari warna-warna pastel lembut hingga warna-warna cerah mencolok, Mowilex memberikan fleksibilitas untuk mengekspresikan kepribadian dan gaya Anda dalam dekorasi rumah. Dengan beragam pilihan warnanya, Mowilex akan membantu menciptakan tampilan ruangan yang mewah, hangat, atau ceria sesuai dengan preferensi.

cat tembok mowilex

Selain keberagaman warna, Mowilex juga menawarkan dua jenis tampilan akhir, yaitu Satin dan Gloss. Tampilan akhir Satin memberikan permukaan dinding yang halus dan lembut, sementara Gloss memberikan kilauan elegan dan menawan.

8. Propan

Propan menawarkan kemudahan dalam pengecatan serta keberagaman pilihan warna. Salah satu keunggulan utama dari Propan adalah kemampuannya untuk digunakan pada berbagai jenis permukaan, tidak hanya terbatas pada tembok beton, tetapi juga cocok untuk kayu, batu, hingga lapisan parkit. Ini memberikan fleksibilitas dalam mempercantik berbagai bagian rumah Anda, mulai dari dinding hingga furnitur maupun detail-detail lainnya.

propan propanraya

Propan mampu mengakomodasi semua kebutuhan dekoratif ruangan, baik itu nuansa warna netral elegan, warna cerah menyegarkan, atau warna-warna berani. Dengan propan, dinding ruangan jadi lebih indah dan penuh warna tanpa harus khawatir tentang kesulitan dalam proses pengecatan.

9. Puffin

Merk cat tembok yang bagus terakhir adalah Puffin. Produk dari Puffin tidak hanya menawarkan keindahan warna, tetapi juga daya tahan yang baik. Selain itu, Puffin mengklaim bahwa produk catnya mampu menangkal nyamuk, kecoa, dan serangga lainnya, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada rumah yang cenderung mempunyai populasi serangga cukup tinggi.

puffin paint

Tidak hanya itu, Puffin juga menawarkan berbagai varian produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan dekorasi interior. Mulai dari cat tembok biasa hingga cat plafon, Puffin memiliki semua yang dibutuhkan untuk memberikan sentuhan akhir sempurna pada setiap ruangan.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Pengusir Nyamuk

Kesimpulan

Dari beberapa ulasan merk cat tembok yang bagus di atas, Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor kualitas, keamanan lingkungan, daya tahan, serta kemudahan pengaplikasian saat memilih cat tembok untuk rumah Anda. Dengan pemilihan yang tepat, Anda bisa mewujudkan suasana baru di dalam rumah Anda sesuai dengan keinginan.

Please Wait...