Token Listrik Gagal Masuk? Ketahui Penyebab dan Solusinya

By Surabaya Prop
on February 25, 2024

Penggunaan token listrik sebagai sistem pembayaran prabayar telah menjadi pilihan yang populer dalam mengelola penggunaan listrik. Namun, seringkali terjadi kegagalan saat mencoba memasukkan token ke meteran listrik.

Ini bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pelanggan, terutama yang baru menggunakan sistem ini. Namun jangan khawatir, karena artikel kali ini akan menjelaskan berbagai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Umum Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran

Berbagai faktor dapat menyebabkan kegagalan saat Anda memasukkan nomor token listrik. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang sering menjadi pemicu kegagalan pengisian token listrik ke meteran.

Kesalahan Input Nomor Token

Kesalahan saat memasukkan nomor token juga sering terjadi. Sebuah kesalahan kecil dalam memasukkan satu dari 20 digit angka dapat membuat token gagal sehingga harus diulangi kembali.

Salah Input Hingga 3 Kali

Kegagalan memasukkan token listrik sebanyak tiga kali berturut-turut dapat mengakibatkan meteran listrik menjadi diblokir.

Dalam kondisi terblokir tersebut, pengguna tidak akan dapat memasukkan nomor token baru ke dalam meteran hingga pihak PLN membuka kembali blokir tersebut. Maka jalan satu-satunya adalah dengan mengubungi pihak PLN.

Periode Pembaruan atau Update

Saat meter prabayar sedang dalam proses pembaruan atau update, pengisian token listrik mungkin tidak akan berhasil. Ini adalah kondisi sementara yang biasanya akan selesai setelah proses pembaruan selesai.

Kesalahan Teknis Instalasi

Kadang-kadang, keterangan "periksa" muncul pada layar meteran PLN karena masalah teknis dalam instalasi. Ini bisa menjadi indikasi adanya masalah yang memerlukan pengecekan lebih lanjut oleh petugas PLN.

Pemohonan Belum Terselesaikan

Beberapa perubahan dalam layanan, seperti perubahan daya, mungkin memerlukan penyelesaian pemohonan terlebih dahulu sebelum token bisa dimasukkan dengan sukses.

Penyebab Lainnya

Ada penyebab lainnya yang mungkin terjadi saat Anda memasukkan nomor token, seperti:

  • Reject: Terjadi ketika pengisian token listrik gagal. Pengguna diminta untuk mencoba memasukkan kembali token.
  • Used: Token listrik yang dimasukkan sudah terpakai sebelumnya. Pengguna diminta untuk memeriksa token sebelumnya dan menghubungi PLN jika masalah terus berlanjut.
  • Over: Kapasitas listrik yang diisi melebihi kapasitas meteran PLN. Pengguna diminta untuk menambah daya dengan menghubungi PLN.

Solusi Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk

Ketika mengalami kegagalan berulang kali saat mencoba memasukkan token listrik, pengguna sering kali merasa kebingungan dan frustasi. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan efektif.

1. Hubungi Call Center PLN

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menghubungi call center PLN melalui nomor 123. Petugas call center akan memberikan instruksi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ikuti instruksi dan petunjuk yang diberikan hingga mendapatkan solusi secara langsung dari pihak PLN.

2. Adukan Lewat PLN Mobile

Alternatif lain adalah melaporkan masalah melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Auto Dispatch yang memungkinkan pengguna untuk mengirim laporan langsung kepada petugas PLN terdekat.

Dengan mengunduh PLN Mobile melalui AppStore atau PlayStore, pengguna dapat memilih menu pengaduan dan menjelaskan jenis keluhan yang dialami.

3. Hubungi Media Sosial PLN

Jika ingin melakukan pengaduan melalui media sosial, pengguna dapat menghubungi akun resmi PLN di beberapa media sosial seperti:

Dengan mengirimkan masukan atau keluhan melalui platform ini, pengguna dapat memperoleh respons dan bantuan dari tim PLN secara cepat.

4. Mendatangi Kantor PLN Terdekat

Langkah terakhir yang bisa diambil adalah mendatangi kantor PLN terdekat. Meskipun tidak efisien seperti cara-cara sebelumnya, namun ini bisa menjadi pilihan terakhir jika masalah tidak kunjung terselesaikan.

Pengguna dapat mengunjungi kantor PLN pada jam kerja, yaitu sekitar jam 08.00-17.00, untuk bertemu dengan petugas. Dengan menjelaskan permasalahan yang dialami, petugas akan memberikan solusi yang diperlukan, bahkan jika diperlukan, mereka akan datang langsung ke rumah untuk memperbaiki meteran listrik.

Penutup

Demikian info dan tips singkat terkait permasalahan token listrik gagal dimasukkan ke meteran. Hal ini memang menjengkelkan dan membuat frustasi, namun bukan berarti tidak ada solusinya.

Baca juga: Suka Hal Mistis? Inilah 5 Tempat Angker Surabaya Yang Terkenal!

Dengan mengikuti salah satu dari langkah-langkah di atas, diharapkan pengguna dapat mengatasi permasalahan yang terjadi secara lebih mudah dan efisien.

gambar via twitter @pln_123

Please Wait...