8 Mall Terbesar di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Loading image...
Oleh Surabaya Prop September 28, 2024
Terakhir Diperbarui: September 28, 2024

Berbicara mengenai mall terbesar di Surabaya tidaklah terlalu sulit. Hal ini karena ada beberapa indikator yang bisa digunakan sebagai patokan seperti luas bangunan dan luas lahannya. Penasaran dengan daftarnya? Berikut ulasan singkatnya.

Beberapa Mall Terbesar di Surabaya

Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, memiliki banyak pusat perbelanjaan megah yang menjadi destinasi utama bagi warga lokal dan wisatawan. Dari yang menawarkan pengalaman belanja eksklusif hingga fasilitas hiburan lengkap, berikut adalah daftar mall terbesar di Surabaya yang wajib Anda kunjungi.

1. Pakuwon City Mall

Ini adalah mall terbesar di Surabaya, bahkan salah satu yang terbesar di Indonesia. Terletak di kawasan barat Surabaya, mall ini merupakan bagian dari superblock Pakuwon Indah yang menggabungkan apartemen, hotel, dan pusat perbelanjaan.

Foto via Pakuwon Jati

Dengan total luas mencapai lebih dari 200.000 meter persegi, Pakuwon City menawarkan berbagai macam tenant internasional dan lokal, serta fasilitas lengkap seperti bioskop, food court, hingga area bermain anak. Desainnya yang modern menjadikan Pakuwon City sebagai tujuan utama bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman belanja dan hiburan kelas dunia.

2. Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza adalah mall legendaris di Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1986. Terletak di pusat kota, Tunjungan Plaza terus berkembang dan kini memiliki enam tahap bangunan yang dikenal dengan sebutan TP1 hingga TP6. Luas lantainya mencapai 150.000 meter persegi dengan jumlah toko hingga 500 unit.

Foto via Lapis Pahlawan

Mall ini menawarkan beragam pilihan belanja, mulai dari merek internasional hingga lokal, serta restoran dan kafe yang tersebar di setiap lantai. Selain itu, Tunjungan Plaza juga menjadi pusat acara-acara besar seperti konser, pameran, dan event fashion, menjadikannya salah satu destinasi belanja favorit warga Surabaya.

3. Ciputra World

Terletak di kawasan elite Surabaya Barat, Ciputra World (CIWO) menawarkan pengalaman belanja dan gaya hidup premium. Sebagai salah satu mall terbesar di Surabaya, Ciputra World berdiri di lahan seluas 4 hektare dengan luasan bangunan mencapai 150.000 meter persegi. Mall dengan arsitektur modern dan interior mewah ini memiliki lebih dari 300 toko.

Foto via Ciputra World Surabaya

Selain department store besar dan butik-butik mewah, Ciputra World juga memiliki area hiburan seperti bioskop, restoran fine dining, dan pusat kebugaran. Dengan suasana yang eksklusif, Ciputra World menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kemewahan dalam berbelanja.

4. City of Tomorrow (CITO)

City of Tomorrow atau lebih dikenal dengan sebutan CITO adalah Superblok yang strategis terletak di kawasan Surabaya Selatan, tepat di dekat pintu tol menuju Bandara Juanda. Superblok ini berdiri di atas lahan seluas 2,6 hektare dengan total luas bangunan hingga 170.000 meter persegi. Namun untuk bangunan mallnya sendiri memiliki luas lantai mencapai 110.000 meter persegi, di mana mampu menampung 1300+ unit retail.

Foto via Surabaya Tourism

Mall ini menawarkan konsep lebih santai dengan tenant-tenant yang menyasar keluarga dan mahasiswa. CITO memiliki berbagai pilihan restoran, toko fashion, serta area permainan anak. Mall ini juga sering menjadi tempat digelarnya event musik dan bazaar, menarik minat para pengunjung dari berbagai kalangan.

5. Fairway Nine (Lenmarc)

Fairway Nine atau F9 (sebelumnya bernama Lenmarc), adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Surabaya Barat. Mall ini memiliki luas bangunan sekitar 80.000 meter persegi dengan konsep desain arsitektur elegan dan modern, serta suasana yang lebih tenang dan eksklusif.

Foto via pergiyuk

Fairway Nine menawarkan berbagai tenant fashion, lifestyle, dan restoran berkualitas. Salah satu daya tariknya adalah lokasinya dekat dengan perumahan elite serta fasilitas-fasilitas premium seperti pusat kebugaran, area bermain anak, dan bioskop. Mall ini cocok bagi mereka yang ingin berbelanja atau bersantai dengan suasana lebih privat dan nyaman.

6. Royal Plaza

Royal Plaza adalah salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya Selatan yang menawarkan harga-harga terjangkau. Pusat perbelanjaan ini berdiri di atas lahan sebesar 4 hektare dengan luas bangunan mencapai 68.000 meter persegi. Dengan konsep one-stop shopping, Royal Plaza menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari fashion, gadget, hingga peralatan rumah tangga.

Foto via Royal Plaza Surabaya

Mall ini juga terkenal dengan berbagai promo menarik dan diskon besar-besaran yang sering diadakan. Lokasinya sangat strategis, sehingga membuat Royal Plaza menjadi pilihan favorit bagi keluarga yang ingin berbelanja dengan nyaman.

7. Galaxy Mall

Terletak di Surabaya Timur, Galaxy Mall dikenal dengan suasananya yang modern dan menyenangkan. Bangunannya memiliki luas sebesar 62.000 meter persegi, berdiri di atas lahan 6,2 hektare. Mall ini memiliki beragam tenant dari brand fashion ternama hingga restoran yang menyajikan berbagai jenis masakan, baik lokal maupun internasional.

Foto via Surabaya Tourism

Galaxy Mall juga memiliki fasilitas hiburan seperti bioskop dan pusat kebugaran. Mall ini sering kali menjadi pilihan bagi kalangan muda dan keluarga yang ingin menikmati waktu bersantai atau berbelanja khususnya di area Surabaya Timur.

8. Grand City Mall

Grand City Mall berlokasi di pusat kota Surabaya, tidak jauh dari Tunjungan Plaza. Tidak diketahui luas bangunan pastinya, namun mall ini berdiri di atas lahan 4,5 hektare dan memiki 8 lantai.

Foto via swiss-belhotel

Grand City menawarkan suasana belanja yang eksklusif dengan tenant premium dan fasilitas lengkap, termasuk convention hall yang sering digunakan untuk acara besar seperti pameran, konser, dan seminar internasional. Grand City Mall juga memiliki area food court yang luas dan bioskop dengan teknologi terkini. 

Penutup

Itulah daftar mall terbesar di Surabaya yang tidak hanya menawarkan pengalaman belanja yang beragam, tetapi juga fasilitas hiburan dan rekreasi yang lengkap. Dengan berbagai pilihan tersedia, Anda dapat menikmati momen berbelanja sekaligus bersantai di berbagai pusat perbelanjaan megah di kota ini.

Baca juga: 8 Rekomendasi Gedung Resepsi Pernikahan Murah Di Surabaya