10 Rekomendasi Tanaman Hias Untuk Rumah Minimalis

By Wibowo on April 15, 2024
Last Updated: April 19, 2024

Tren dekorasi rumah minimalis semakin populer, dengan penekanan pada kesederhanaan dan kebersihan desain. Salah satu elemen penting dalam menciptakan estetika yang menawan dalam rumah minimalis adalah penggunaan tanaman hias.

Tanaman hias untuk rumah minimalis tidak hanya memberikan sentuhan alami yang menyegarkan tetapi juga dapat menghadirkan nuansa yang tenang dan adem ke dalam ruangan.

Beberapa Rekomendasi Tanaman Hias Untuk Rumah Minimalis

Meskipun ruang yang terbatas merupakan ciri khas rumah minimalis, tidak ada yang menghalangi untuk menambahkan kecantikan alam dengan tanaman hias. Bahkan, pilihan tanaman hias yang tepat dapat mengubah ruang sempit menjadi oasis kehijauan yang menawan.

1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah mertua adalah salah satu tanaman hias untuk rumah minimalis yang sempurna. Dengan bentuk daun yang estetik, minimalis, menjulang ke atas, dan runcing, tanaman ini menawarkan sentuhan dekoratif yang elegan.

Lidah Mertua

Keunggulan lain dari lidah mertua adalah perawatannya yang mudah serta kemampuannya untuk beradaptasi dengan kondisi pencahayaan yang beragam. Tanaman ini cocok untuk ditempatkan di berbagai sudut ruangan, bahkan di tempat dengan pencahayaan rendah.

2. Satin Pothos

Satin pothos adalah pilihan lain yang brilian untuk rumah minimalis. Dengan dedaunan berwarna hijau yang berkilauan dan motif yang menarik, tanaman ini memberikan kesan anggun seolah-olah ada pohon anggur tumbuh di dalam rumah. 

satin pothos

Kelebihan lainnya adalah satin pothos lebih menyukai cahaya tidak langsung, membuatnya cocok untuk ditempatkan di area dengan pencahayaan yang terbatas.

3. Monstera

Monstera telah menjadi favorit dalam dunia tanaman hias berkat daunnya yang besar dan terbelah. Tanaman ini membawa nuansa tropis yang segar ke dalam ruang minimalis.

monstera

Penempatannya di pot besar yang kontras akan menciptakan kontras yang menarik dan menambahkan karakter pada sudut ruangan.

4. Kaktus

Kaktus adalah pilihan klasik untuk dekorasi minimalis. Dengan bentuknya yang ringkas dan sifatnya yang mudah tumbuh, kaktus memberikan sentuhan keindahan alam yang sederhana namun menawan. Tanaman ini bisa ditempatkan di mana saja dalam rumah minimalis dan tetap menambahkan elemen dekoratif yang menarik.

5. Anggrek

Anggrek adalah tanaman hias yang mampu menciptakan tampilan yang elegan dan harmonis di dalam rumah minimalis. Dengan bunga-bunga yang indah dan kemampuannya untuk tumbuh dengan baik dalam cahaya tidak langsung, anggrek adalah pilihan yang sempurna untuk menambahkan sentuhan alami yang mewah dalam ruangan.

6. Sukulen

Sukulen adalah tanaman hias untuk rumah minimalis yang serbaguna. Dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang tersedia, Anda memiliki banyak pilihan dalam menyesuaikan tanaman ini dengan tema dekorasi rumah Anda.

Sukulen Succulent plant

Selain itu, perawatannya yang mudah membuat sukulen menjadi pilihan yang populer di kalangan pecinta tanaman hias.

7. Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace lily adalah tanaman hias yang elegan dengan daun hijau gelap dan bunga putih yang anggun.

Peace Lily

Tanaman ini tidak hanya menambahkan keindahan visual ke dalam ruangan, tetapi juga membantu memurnikan udara dengan mengurangi tingkat toksin seperti formaldehida dan benzene.

8. Philodendron

Philodendron adalah tanaman hias yang populer karena keindahan dan kemudahan perawatannya.

philodendron

Dengan dedaunan yang indah dan beragam bentuknya, tanaman ini dapat ditempatkan di meja, rak, atau digantung di dinding untuk menambahkan sentuhan alami ke dalam ruangan.

9. Pilea (Pilea Peperomioides)

Pilea, atau sering disebut sebagai "tanaman uang" atau "tanaman pancake", adalah tanaman hias yang unik dengan daun bundar dan cerah.

pilea tanaman uang

Tanaman ini tidak hanya menarik secara visual tetapi juga mudah dirawat dan cepat berkembang. Pilea cocok ditempatkan di atas meja atau dinding rak untuk menambahkan elemen dekoratif yang menyenangkan.

10. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant adalah tanaman hias yang ramah lingkungan dan mudah tumbuh. Dengan daun yang panjang dan ramping, tanaman ini memberikan tampilan yang anggun di dalam ruangan.

spider plant

Spider plant juga dikenal memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dengan menyerap zat-zat berbahaya seperti formaldehida dan karbon monoksida.

Mengapa Memilih Tanaman-Tanaman Hias Tersebut?

Tanaman-tanaman hias yang telah disebutkan di atas dianggap cocok untuk rumah minimalis karena beberapa alasan berikut:

Ukuran yang Sesuai

Tanaman-tanaman tersebut umumnya memiliki ukuran yang sesuai untuk ruang-ruang dalam rumah minimalis. Mereka tidak memerlukan ruang yang luas dan bisa ditempatkan di berbagai sudut ruangan, termasuk di dalam pot kecil atau gantung di dinding.

Baca juga: Menentukan Ukuran Jendela Rumah Yang Tepat

Perawatan yang Mudah

Mayoritas tanaman-tanaman tersebut relatif mudah perawatannya. Mereka tidak memerlukan perhatian yang intensif dan bisa bertahan dalam kondisi pencahayaan yang beragam. Hal ini membuat mereka cocok untuk pemilik rumah minimalis yang mungkin memiliki waktu terbatas untuk merawat tanaman.

Kemampuan Adaptasi

Tanaman-tanaman tersebut memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan, termasuk kelembaban udara yang rendah dan pencahayaan yang terbatas.

Mereka bisa tumbuh baik di dalam ruangan dengan sistem pendingin udara atau pemanas, sehingga cocok untuk rumah minimalis yang umumnya memiliki pengaturan iklim tertutup.

Estetika yang Cocok

Karakteristik visual dari tanaman-tanaman tersebut sesuai dengan estetika rumah minimalis. Dedauan mereka yang ramping, bentuk-bentuk yang sederhana, dan warna-warna yang alami memberikan kesan yang seimbang dengan desain interior yang bersih dan sederhana.

Sentuhan Alam yang Menyegarkan

Tanaman-tanaman hias ini memberikan sentuhan alami yang menyegarkan dalam ruangan minimalis. Mereka membantu menciptakan keseimbangan antara elemen alami dan elemen buatan manusia, menciptakan lingkungan yang nyaman dan harmonis untuk ditinggali.

Baca juga: 8 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Teras Rumah

Penutup

Dengan beragam pilihan tanaman hias untuk rumah minimalis ini, Anda dapat menyesuaikan pilihan Anda dengan preferensi desain dan lingkungan rumah Anda. Dengan menambahkan tanaman hias ke dalam rumah minimalis Anda, Anda tidak hanya menciptakan ruang yang indah secara visual tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan harmonis untuk dinikmati.

Please Wait...