Plafon Kalsiboard: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Loading image...
Oleh Surabaya Prop March 09, 2024
Terakhir Diperbarui: July 11, 2024

Plafon Kalsiboard bisa menjadi alternatif dari plafon berbahan gypsum, PVC, semen, ataupun triplek. Namun pertanyaanya adalah, mengapa memilihnya sebagai plafon? Adakah kelebihannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan detailnya pada artikel ini hingga akhir.

Merk Dagang Kalsi

Sebelum menjelaskan lebih jauh, perlu diketahui bahwa Kalsiboard merupakan salah satu jenis produk papan buatan Etex Group (PT. Etex Building Performance Indonesia) yang terdiri dari banyak varian produk dengan fungsi berbeda-beda.

Beberapa contoh produknya mulai adalah KalsiPlank (berfungsi sebagai pengganti kayu untuk pelapis dinding luar), KalsiPart (digunakan sebagai sistem partisi), dan beberapa produk lainnya.

Baca juga: Apa Itu Balkon? Seberapa Pentingkah Kehadirannya?

Dikarenakan panggilan 'Kalsiboard' lebih familiar dan populer di masyarat ketimbang 'papan kalsi', maka penulisan dalam artikel ini juga akan menggunakan istilah tersebut.

Mengenal Produk Kalsi Untuk Plafon

Kalsi memiliki beberapa jenis produk papan sesuai kebutuhan konstruksi. Misalnya, KalsiPart digunakan untuk membangun partisi ruangan dengan ketebalan tertentu, sementara kalsiClad cocok diaplikasikan sebagai struktur dinding eksterior. 

Jika diperuntukkan sebagai plafon, Kalsiboard Ling dan KalsiRata merupakan pilihan terbaik karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan estetika dan fungsionalitas ruangan.

1. KalsiRata

Dikenal sebagai solusi ekonomis dan kuat, KalsiRata merupakan alternatif ideal sebagai pengganti penggunaan papan triplek dalam proyek konstruksi.

Lembaran semen fiber KalsiRata

Produk ini memiliki ketebalan 3 mm dengan dimensi lebar dan panjang berbeda-beda seperti 1000 x 2000, 1000 x 1000, 500 x 2000, serta 500 x 1000 mm. Harganya mulai dari Rp 10.000 untuk ukuran paling kecil (500 x 1000 mm) per lembarnya (* per Mei 2024).

2. KalsiBoard Ling

Adalah papan yang didesain untuk penggunaan plafon interior maupun eksterior.

Tersedia dalam berbagai varian ketebalan, mulai dari 3,5 mm hingga 6 mm. Varian terbaiknya adalah KalsiBoard Ling 6 mm, di mana telah dilengkapi dengan pilihan sisi reses 2 dan 4 untuk sistem sambungannya (tertutup/flush joint).

Produk ini juga sangat cocok digunakan pada pembangunan gedung baru karena kekuatan serta kemampuannya dalam menghasilkan permukaan plafon yang rata sempurna.

Kalsiboard Ling

Produk ini memiliki ketebalan beragam, mulai 3.5, 4, hingga 6 mm. Sedangkan dimensinya hanya memiliki satu jenis ukuran lebar yakni 1220 mm namun dengan panjang bervariasi mulai dari 2440, 2700, hingga 3000 mm.

Harganya sekitar Rp 58.000 untuk ukuran paling kecil (3.5 mm x 1220 mm x 2440 mm) per lembarnya (* per Mei 2024).

Baca juga: 8 Warna Keramik Lantai Yang Tidak Mudah Terlihat Kotor

Pada dasarnya, kedua produk tersebut memang diperuntukkan khusus plafon suatu ruangan. Jika budget terbatas, kalsiRata mungkin opsi ideal karena harganya cukup terjangkau. Namun jika ingin hasil maksimal dan lebih tahan lama, kalsiBoard Ling adalah jawaban terbaik.

Mengapa Memilih Plafon Kalsiboard?

Bagaimanapun juga, produk ini termasuk bagian dari papan fiber semen dengan keunggulan tersendiri. Beberapa ciri khasnya adalah bentuknya yang menyerupai lembaran, serta adanya kandungan kalsium khusus di dalamnya.

Kandungan kalsium tersebut merupakan mineral yang memiliki sifat tidak mudah larut dalam air, menjadikan papan kalsiboard sebagai pilihan tepat untuk plafon yang tahan terhadap kelembaban.

ruang makan minimalis

Kelebihan

Dari pembahasan sebelumnya bisa disimpulkan bahwa penggunaan Kalsiboard sebagai plafon dapat memberikan perlindungan terhadap strukturnya dari resiko kelembaban hingga keausan. Adapun kelebihan-kelebihan lainnya meliputi:

1. Kuat & Lentur

Meskipun memiliki sifat elastis, Kalsiboard tetap mempertahankan struktur yang kuat. Hal ini membuatnya cocok untuk pembuatan plafon dengan desain melengkung tanpa mengurangi kekuatannya.

2. Daya Tahan Sangat Baik

Kalsiboard merupakan material berdaya tahan tinggi. Papan fiber semen ini tidak mudah berjamur, terutama di lingkungan dengan kelembaban tinggi. Selain itu juga tahan terhadap api, air, dan serangan rayap, sehingga masa pakainya akan jauh lebih lama.

3. Pemasangan Mudah

Papan fiber semen ini dirancang agar mudah dipasang, sehingga akan menghemat waktu serta tenaga selama proses pemasangan plafon.

4. Perawatan Mudah

Perawatannya juga terbilang sangat mudah. Noda-noda bekas tetesan air hujan dapat dihilangkan dengan cara mengampelasnya dan pengecatan ulang.

5. Aman Bagi Kesehatan

Produk ini tidak mengandung asbes di mana dapat menyebabkan risiko kesehatan seperti kanker paru-paru. Selain itu juga bebas dari getas sehingga tidak menghasilkan serbuk yang berbahaya bagi kesehatan penghuni rumah.

ruangan keluarga dengan drop-ceiling

Kekurangan

Meski banyak kelebihan, papan fiber semen ini juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Membutuhkan Kerangka Tambahan

Meskipun kuat, plafon Kalsiboard membutuhkan kerangka tambahan untuk menopangnya, terutama saat papan mengalami penyusutan atau keretakan.

2. Berpotensi Mengalami Penyusutan

Kalsiboard memiliki kepekaan terhadap perubahan cuaca yang dapat menyebabkan penyusutan pada waktu tertentu. Pada musim hujan, material ini dapat mengembang, sementara pada cuaca panas, dapat menyusut, menyebabkan kemungkinan adanya keretakan.

3. Rentan Terhadap Retakan Akibat Benturan

Papan fiber semen ini cukup rentan terhadap retakan jika terkena benturan karena ketebalannya cenderung lebih tipis dibandingkan dengan beberapa material lainnya. Pengguna harus lebih berhati-hati saat proses pemasangannya untuk menghindari kerusakan pada plafon.

4. Kurang Estetik

Tampilannya cenderung kurang estetik karena biasanya tidak dapat dimodifikasi. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang mengutamakan keindahan visual.

Terlepas dari kelebihan maupun kekurangannya, plafon kalsiboard tetap menjadi alternatif ideal untuk diaplikasikan pada berbagai jenis dekorasi rumah, baik itu tema klasik ataupun minimalis modern.

Cat Plafon Kalsiboard

Setelah memutuskan untuk menggunakannya, maka langkah berikutnya adalah memilih cat, lebih tepatnya cat khusus papan fiber semen. Cat khusus ini tidak hanya berperan sebagai pelindung, tetapi juga memberikan sentuhan estetika pada ruangan.

tukang sedang mengecat

Pemilihan cat haruslah tepat karena menjadi kunci dalam menciptakan tampilan yang rapi dan indah. Berikut adalah beberapa rekomendasi merek catnya:

1. Propan Fiberkote

Cat Propan Fiberkote ideal untuk memberi tampilan permukaan yang mirip dengan kayu alami. Dengan pilihan warna seperti Palisander Brown, Walnut Brown, Akasia, dan Cherry, cat ini akan memberikan tampilan mengkilap namun tetap alami.

2. Propan Eco Emulsion

Dengan formula ramah lingkungan, Propan Eco Emulsion bebas dari logam berat seperti mercury. Cat ini menawarkan hasil akhir yang halus, cepat kering, dan beragam pilihan warna cerah.

3. Propan Eco Gypsum Board

Dikembangkan khusus untuk papan gypsum, cat Propan Eco Gypsum Board cocok diaplikasikan pada kalsiboard sebagai plafon maupun dinding. Berbahan dasar emulsi akrilik, cat ini memberikan daya lekat maksimal tanpa masalah gelembung saat pengaplikasian.

4. Nippon Paint Matex Ceiling

Produk dari Nippoin Paint ini memiliki bahan dasar resin kopolimer akrilik yang memberikan warna putih halus, kalem, serta bersih. Dilengkapi formula anti pudar, cat ini cepat kering setelah diaplikasikan dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

5. Dulux Pentalite Ceiling

Dikhususkan sebagai finishing material untuk papan fiber semen, cat Dulux Pentalite Ceiling mampu memberikan perlindungan dari jamur dan menyamarkan sambungan secara optimal. Dulux Pentalite hanya terdiri satu warna saja yakni putih dengan hasil akhir matte yang tidak mengkilap, sehingga bisa memberikan tampilan minimalis-elegan.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Pengusir Nyamuk

Kelima cat di atas hanyalah beberapa pilihan dari banyaknya jenis dan merk cat khusus fiber semen yang ada di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan dekorasi interior ruangan atau preferensi pribadi, baik itu warnanya maupun finishingnya.

Penutup

Plafon Kalsiboard bisa menjadi alternatif terbaik untuk diaplikasikan di sebuah ruangan karena berdaya tahan baik, pemasangan mudah, serta harganya cukup terjangkau.

Terkait kebutuhan unit hingga proses pemasangan, ada baiknya Anda berdiskusi langsung dengan orang yang mengerti dan berpengalaman. 

Paling tidak, artikel ini sudah membahas hal-hal dasarnya dan semoga bisa memberikan informasi tambahan terkait plafon rumah yang menggunakan kalsiboard.