7 Pilihan Warna Cat Ruang Tamu Yang Sejuk dan Menenangkan

By Prasetya on April 24, 2024
Last Updated: May 16, 2024

Memilih warna cat ruang tamu yang sejuk tidaklah terlalu sulit, mengingat ada banyak opsi untuk dipilih. Beberapa rekomendasi pilihan warna dalam artikel ini mampu menghadirkan suasana yang nyaman, tenang, dan tentunya menyejukkan. Lantas, warna cat apa saja yang sekiranya bisa diaplikasikan? Untuk mengetahuinya, simak artikel ini hingga akhir.

Beberapa Opsi Warna Cat Ruang Tamu Yang Sejuk

Ruang tamu merupakan salah satu ruang komunal untuk berkumpul, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Maka dari itu, penting untuk mendesain ruang tamu senyaman mungkin. Salah satu cara terbaik untuk menciptakan atmosfer sejuk dan nyaman adalah dengan memilih warna cat dinding yang tepat.

Baca juga: 9 Rekomendasi Merk Cat Tembok Yang Bagus

Dalam kesempatan ini, kami akan mengeksplorasi beberapa pilihan warna cat ruang tamu yang sejuk dan patut dicoba, berikut penjelasannya.

1. Biru Muda: Ketenangan Lautan

Biru muda seringkali dikaitkan dengan kedamaian dan ketenangan. Saat diterapkan di suatu ruangan, termasuk ruang tamu, warna ini membawa kesan sejuknya ombak laut dengan hamparan langit cerah.

ruang tamu Biru muda laut

via Pinterest

Dinding-dinding berwarna biru muda dapat menghadirkan suasana damai, serta memberikan perasaan tenang dan nyaman bagi siapapun yang ada di sekitarnya.

2. Hijau Mint: Segar nan Alami

Hijau mint merupakan salah satu pilihan warna cat ruang tamu yang sejuk dan mampu menciptakan suasana fresh atau segar di area ruang tamu.

hijau mint segar

via Pinterest

Warna ini memberikan nuansa alami kehijauan yang lembut sekaligus menyenangkan, seolah-olah Anda berada di tengah-tengah indahnya hamparan padang rumput. Hijau mint akan membuat ruang tamu terasa lebih terbuka serta terhubung dengan alam.

3. Putih: Sederhana & Lapang

Warna putih sering kali dianggap sebagai simbol kesucian dan kesederhanaan. Selain itu, karena sifat bersih dan cerahnya, warna ini juga bisa menciptakan suasana sejuk, terang, dan lapang suatu ruangan, termasuk ruang tamu.

putih lapang

via Pinterest

Mengaplikasikan warna putih pada dinding ruang tamu akan membuat ruangan ini terasa lega, luas, serta tidak panas.

4. Abu-Abu Terang: Tenang & Elegan

Abu-abu terang adalah pilihan warna netral yang dapat memberikan kesan elegan dan sejuk di ruang tamu.

Abu-Abu Terang

via Pinterest

Warna ini menghadirkan suasana yang tenang dan santai, cocok untuk menciptakan ruang tamu yang rileks serta nyaman bagi pemilik rumah maupun para tamu.

5. Lavender: Lembut & Tenang

Lavender atau ungu muda adalah warna dengan nuansa lembut dan menenangkan. Saat diterapkan di ruang keluarga maupun ruang tamu, warna ini menciptakan suasana santai dan juga menyambut.

Lavender lembut

via Pinterest

Warna lavender cocok untuk menciptakan ruang tamu yang mengundang, baik itu untuk bersosialisasi, bersantai, ataupun hanya sekadar melepaskan stres.

6. Peach - Lembut & Ceria

Warna peach (persik) atau coral muda memiliki daya tarik tersendiri dalam menciptakan suasana hangat, lembut, ceria, dan segar di ruang tamu.

Peach lembut ceria

via Pinterest

Warna ini memberikan atmosfer seolah-olah Anda berada di bawah sinar matahari sore yang menyinari pantai berpasir. Peach cukup ideal dalam menciptakan ruang tamu yang nyaman dan membuat betah siapapun di dalamnya.

7. Soft Yellow - Cerah & Semangat

Soft yellow atau kuning lembut membawa kesan cerah, rileks, serta menyenangkan namun secara tidak berlebihan. Seperti lembutnya aliran cahaya matahari pagi melalui jendela, soft yellow memberikan suasana sejuk nan menyegarkan di area ruang tamu.

soft yellow

via Pinterest

Warna ini cocok untuk menghadirkan suasana ceria dan penuh semangat tanpa harus terlihat mencolok atau dominan.

Faktor-Faktor Pendukung

Selain warna cat, terdapat beberapa faktor lain yang dapat membantu menciptakan nuansa sejuk dan menyenangkan di area ruang tamu. Berikut ini adalah beberapa faktornya.

1. Pencahayaan

Pencahayaan memiliki dampak besar terhadap suasana ruang tamu. Gunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin dengan memaksimalkan penggunaan jendela besar disertai tirai dengan tone yang senada. Selain itu, tambahkan pencahayaan buatan (lampu) yang lembut dan hangat untuk menciptakan atmosfer menyenangkan.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Pengusir Nyamuk

Lampu-lampu tersebut bisa meliputi lampu downlights pada plafon, lampu meja, lampu dinding, ataupun lampu gantung. Apapun pilihannya, sesuaikan intensitas cahaya lampu selembut dan seringan mungkin agar kesan sejuk bisa didapatkan. Hindari penggunaan lampu terlalu terang karena dapat membuat suasana kurang nyaman.

2. Aksesoris & Dekorasi

Pemilihan aksesoris serta dekorasi yang tepat juga dapat memengaruhi suasana ruang tamu. Pilihlah elemen-elemen dekoratif yang memberikan kesan alami, seperti tanaman hias, batu-batuan, atau lukisan dengan tema alam. Hindari kesan ruang tamu yang terlihat sumpek karena terlalu banyak aksesoris agar ruangan tetap terasa lapang dan sejuk.

3. Tekstur

Tekstur dari bahan-bahan furnitur dan dekorasi juga bisa memengaruhi kesan ruang tamu. Gunakan bahan-bahan seperti kayu alami, rotan, atau kain dengan tekstur lembut serta alami untuk menambahkan sentuhan alami dan sejuk.

4. Perabotan

Pemilihan perabotan juga penting dan tidak boleh asal-asalan. Pilihlah perabotan yang nyaman serta fungsional, serta sesuai dengan skala maupun proporsi ruang tamu. Hindari penggunaan perabotan dengan ukuran terlalu besar atau berat agar ruang tamu tetap terasa terbuka dan lega.

5. Kebersihan

Pastikan ruang tamu untuk selalu terjaga kebersihannya, rapi, dan teratur. Dengan begitu, suasana ruang tamu jadi lebih segar, rileks, nyaman, serta menyenangkan, membuat betah siapapun yang ada di dalamnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Cat Tembok

Penutup

Demikian artikel singkat tentang warna cat ruang tamu yang sejuk. Cobalah untuk menerapkannya dengan memilih salah satu warna cat di atas. Selain itu, aplikasikan juga aspek pendukungnya. Dengan begitu, ruang tamu Anda bisa menghadirkan suasana yang sejuk dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: 7 Warna Keramik Lantai Teras Yang Bagus

Please Wait...